Sabtu, 11 Februari 2012

Kebebasan Finansial


Kebebasan financial adalah kemampuan untuk menikmati hidup sesuai  dengan kehendak hati kita sendiri. Kebebasan financial merupakan kemampuan untuk melakukan apapun yang kita mau, memiliki apapun yang kita inginkan, dan hidup dengan gaya hidup yang kita dambakan tanpa beban  financial apapun.
          Untuk mencapai kebebasan financial, pertama-tama kita harus mengerti unsure-unsur yang membangunnya. Dan semua ini dimulai dengan pengetahuan akan 3 jenis pendapatan.
3 Jenis Pendapatan
1. gaji
Ini adalah jenis pendapatan yang paling umum. Gaji merupakan penghasilan yang didapatkan karyawan setiap akhir bulan. Mereka mengerjakan pekerjaan rutin dari pagi sampai sore sebagai ganti waktu mereka tersebut, dengan gaji yang cenderung tetap. Mereka harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan tersebut.
2. pendapatan investasi
          Jenis pendapatan ini diperoleh ketika kita menginvestasikan uang dalam aset tertentu atau menyimpan uang di bank. Ketika kita menyimpan uang di bank dan mendapatkan bunga atas simpanan tersebut, bunga yang kita dapatkan itulah yang dinamakan investasi.
          Satu perbedaan antar investasi dan gaji adalah untuk mendapatkan investasi kita harus mempunyai modal awal terlebih dahulu untuk diinvestasikan. Hal ini berarti kita harus siap mengeluarkan uang dari kantung kita terlebih dahulu,  untuk diinvestasikan agar menghasilkan lebih banyak uang lagi untuk kita.
          Perbedaan lain yaitu resiko finansial dari pendapatan investasi ini lebih besar daripada gaji. Untuk penghasilan dari gaji, kita menukar waktu dengan uang. Namun sebaliknya, kita menginvestasikan uang dengan harapan uang tersebut akan menghasilkan uang lebih banyak lagi setelah waktu tertentu. Dan dalam dunia investasi, tidak ada yang namanya garansi, jaminan total, atau bebas resiko. Kemungkinan terburuk bila belum paham betul mengenai investasi, kita bisa kehilangan semua uang yang kita investasikan.
3. pendapatan pasif
       Pendapatan ini merupakan penghasilan yang datang tanpa menghiraukan kita bekerja atau tidak. Inilah mengapa pendapatan ini dinamakan pendapatan pasif. Namun, apakah mungkin dengan tidak bekerja tapi uang masih datang ke kantung kita dengan sendirinya ? Bukankah kedengarannya tidak masuk akal? Tapi kalau itu benar mengapa masih banyak orang bekerja keras untuk mendapatkan uang?
Mungkin itulah sederetan pertanyaan yang ada di benak anda mengenai pendapatan pasif ini. Tidak ada yang tidak mungkkin di dunia ini. Cobalah berpikiran terbuka dan mempelajari lebih jauh mengenai pendapatan ketiga ini.
       Pendapatan pasif dapat diperoleh dari sesuatu yang dinamakan “Generator Pendapatan” (Income Generator). Dan disini tentu saja kita tidak membicarakan mengenai uang palsu. Contoh dari Income Generator diantaranya:
ü  Keuntungan dari bisnis
ü  Uang sewa dari property
ü  Royalty dari penemuan, seperti buku, software, lagu, dsb.
ü  Mesin penjaja minuman à tapi di negeri kita masih jarang
ü  Waralaba / Franchise
Ini adalah hal-hal yang secara terus menerus mnghasilkan uang untuk kita siang dan malam. Lihat di sekitar kita, ada banyak Income Generator seperti ini. Banyak dari kita yang belum menyadari keberadaan mereka, namun bila kita menyadari, sudah banyak mereka yang sukses dengan Income Generator  ini.
Tentu saja, Income Generator  tidak jatuh dari langit begitu saja. Kita harus membangun dulu Income Generator  ini sebelum kita dapat mengumpulkan uang yang akan kita hasilkan dari Income Generator tersebut. Jadi, kita harus mengerjakan beberapa pekerjakan beberapa pekerjaan dulu. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Tapi pikirkanlah mengenai itu. Apakah anda lebih memilih bekerja keras hanya untuk mendapatkan gaji atau pendapatan pasif.
Lihat di sekitar kita. Begitu banyak contoh yang tidak dapat kita lewatkan. Siapa yang tidak kenal Microsoft, hampir setiap PC di rumah-rumah maupun di kantor menggunakan softwarenya (sayangnya di Indonesia banyak yang bajakan n_nv). Microsoft adalah Income Generator dari Bill Gates. WalMart adalah Income Generator dari Sam Walton. McDonalds yang hampir ada di setiap penjuru pusat perbelanjaan di Indonesia adalah Income Generator dari Ray Kroc. Itu adalah  yang Income Generator yang menghasilkan pendapatan pasif untuk pemiliknya. Income Generator seperti itu dijalankan oleh suatu sistem dan sekelompok orang yang dibayar untuk mwngwlola sistem itu dengan baik. Dan selama Income Generator itu masih ada dan bekerja dengan baik, pemiliknya akan menikmati persediaan uang terus menerus yang tidak akan pernah berhenti. Jadi, mereka akan bebas untuk melakukan apa saja yang mereka inginkan. Tidak ada beban financial apapun.

Itulah yang dinamakan Kebebasan Finansial.

Sumber:
Riana, Merry. 2006. A Gift from A Friend. Singapore: MRO Consultancy Pte Ltd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar