Rabu, 26 Maret 2014

Dalem…

"Nani…!"
"Dalem..."

"Dalem" itulah jawaban saya setiap kali saya dipanggil. Kata "dalem" dalam bahasa jawa berarti "saya". Di jawa Itu adalah bahasa yang paling halus di Jawa dalam menjawab panggilan. Tapi jawaban saya itu mulai berubah ketika saya berada di Sumatra. Disana saya tinggal dengan sebuah keluarga yang merupakan penduduk setempat. Saya lama-lama segan kalau setiap dipanggil saya menjawab dengan kata "dalem" karena aneh menurut mereka,  apalagi disitu saya tinggal bersama anak kecil yang masih belum sekolah. Rara namanya. Dia taunya dalem itu ya di dalam.

Waktu awal-awal saya disana...

Rara : " yu' Naniiii…!" // Kata " yu' " berasal dari kata " ayu' " kalo di sana sama halnya dengan kata panggilan "mbak" di Jawa
Saya: "Dalem.."
Rara: "Di dalem mana yu'?"
Saya: Di dalem kamar.

Kemudian saya mendekat, dan menjelaskan, "rara, dalem itu kalo di Jawa artinya saya.. Bukan di dalam.." emm...aku agak bingung jelasinnya. Dia juga belum terlalu ngerti bahasa Indonesia. Denger itu dia cuman meringis. Pikirku,, ya sudahlah… Akhirnya, seterusnya aku menjawab pake bahasa Indonesia, dan lama-lama menyesuaikan diri dengan bahasa mereka.

Hari-hari berikutnya…

Rara : "yu' Naniiii….!"
Saya : "Ooooy…."

Aku mulai terbiasa dengan kata ini, karena mereka kalau dipanggil jawabnya juga begitu, entah dipanggil temennya, ato emaknya sekalipun. Disana jawaban itu sudah biasa. Dan memang seperti itu sehari-harinya.

Sampai suatu ketika, aku pulang ke Jawa…

Ibu : "Naniiii…."
Saya : "Ooooy...eh.. dalem buk..."




Mati gue !. Sempet dimarahin emak gara-gara jawab begitu. Kalo di Jawa, jawaban "oooy" itu kasar banget. Orang-orang Jawa mikirnya "kayak tinggal di hutan saja". Temen-temenku di Malang juga gitu. Pada ngetawain semua waktu aku keceplosan bilang "Oooooy..." Mereka malah niruin sambil ketawa-ketawa. Hmm… kayaknya harus kembali ke alam ini. Maksudnya kembali ke tradisi Jawa. Hehehe…

Beberapa bulan kemudian, aku kembali mbolang ke pulau sebrang. Kalo dulu ke sebrang barat, sekarang ke sebrang timur. Ujung atas pulau besar Indonesia yang bentuknya mirip huruf K. Yupzzz… itulah Sulawesi. Kota Manado tepatnya.

Dan…

"Nani…! "
"Dalem..."
"Iya, saya tau kamu di dalem..."
"Bukan itu maksudnya… Dalem itu di bahasa Jawa artinya saya. Itu bla...bla...bla..." dan aku jelasin panjang lebar ke temenku.

Esoknya…

"Nani…! "
"Dalem..."
"Iya mbak, saya tau mbak Nani di dalam..."
"bukan itu...aku sudah bilang kan..."




Dan… begitulah setiap harinya. Walopun dijadiin bahan ledekan, ato apapun itu terserah. Aku ga ingin mengubah jawabanku. Diledekin? Mm… bukan diledekin sih sebenernya, tapi bercanda… So,, enjoy aja. Yang jelas kalo aku pulang kampung nanti, Bahasa Jawaku masih tetap terpelihara. Dan, tetep medhok kaya' biasanya. Orang Jawa dimana-mana tetep keliatan medhoknya. Tapi itulah ciri khasnya.
Java.. I lope u fuuuull.




Hidup Jawa!!! Ye...ye…
Halah… alay.com

Ok, sekian. Semoga bermanfaat...

Manado, 26 Maret 2014
By: senyum   (^__^)

14 komentar:

  1. Hihihi, kereen, Emang sih, kalo kita manggil seseorang terus dijawab "dalem..." rasanya gimanaaaa gitu n_na

    BalasHapus
  2. pengen deh coba jawab "dalem" sama orang jawa wkwk

    BalasHapus
  3. pengen deh coba jawab "dalem" sama orang jawa wkwk

    BalasHapus
  4. Pacarku juga org Jawa kalo dipanggil dia jawab "dalem sayang" itu rasanya seneng bgt dah wkwk

    BalasHapus
  5. Saya dipalembang dianya di jawa tengah 🤧

    BalasHapus
  6. Astagfirullah kirain dalem teh apaan ternyata saya:(

    BalasHapus
  7. Mau tanya kalau kita kadang gk dengar(orang lebih tua berbicara).
    Trus kita jawab .
    Dalem buk ?

    Betulkah .atau pengucapan salah

    BalasHapus
  8. Baru tau "dalem sayang itu itu ternyata makasih Kaka"

    BalasHapus
  9. Kejadian nih sama aku, waktu aku manggil pacar aku, terus dia bilang"Dalem sayang" Lah aku ngegas marah. Karena belum tau artinya, terus dia panik bingung, loh kenapa?. Aku malah ngegas lagi, terus ngomong, "kamh ngapain ngomong Dalem? Apa maksudmu?, aku manggil kok kamu malah ngejawab gitu, dasar Sangean" Lah terus dia 🤦‍♂️ tpuk jidatnya, dia jelasin baik-baik.Ehh ternyata 😂padahal aku yg salah🙏aku loh ga tau artinya apa🤦‍♀️😅

    BalasHapus
  10. Ohh Jdi Dalem Itu Sama Dngan Kyk Ngejawab Panggilan yhh? hhe mksih infonya 😁

    BalasHapus
  11. coba panggil nama ku, nanti ku jawab dalem sayang

    BalasHapus