Kamis, 05 Maret 2020

GEMAR RAPI, Bukan Sekedar Rapi

Apa itu Gemar Rapi ?
Gemar Rapi adalah sebuah organisasi yang didalamnya melingkupi metode gerakan,produk jasa dan komunitas yang memiliki sikap/tindakan yang aktif dan positif dengan menggunakan pengetahuan yang menyeluruh yang sesuai dengan kaidah berbenah efektif, kesehatan, keamanan, serta selaras dengan alam (dikutip dari gemarrapi.org). 
GEMAR RAPI itu sendiri merupakan akronim dari GErakan MenatA negeRi dari RumAh dan PribadI. 
Jadi, dari pengertiannya, sudah jelas ya, bukan sekedar membuat rumah RAPI, tapi juga harus memperhatikan standar kesehatan, keamanan, dan selaras dengan alam. 

Gemar Rapi memiliki salah satu program yaitu Gemari Pratama, yg secara intensif membimbing pesertanya untuk berbenah, dengan meninjau segala aspek di atas. 

Saya dapat informasi mengenai Kelas Gemari Pratama ini dari salah satu teman di Grup Whatsapp.  Mulanya saya kurang tertarik karena saya pikir "masak beres-beres aja ada kelasnya, selama 4 bulan pula, apa aja yg dipelajari". 

Kemudian suatu saat ketika jenuh dengan pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya (emang karna sering ditunda-tunda sih, dengan berbagai alasan yang akhirnya gak kelar-kelar), dan sedih karena nerapin zero waste tapi masih maju mundur (banyak mundurnya malahan) aku isenk tanya lagi ke temenku, trus dikasih nomer temennya yang dulu jadi fasilitator ketika dia ikut kulwapp. Dari temennya temenku itu ternyata udah ga jadi fasil lagi, trus dikasih link webnya, barulah aku menemukan jawabannya disana. Setelah membaca sampai akhir penjelasan di webnya, semacam ada lampu terang kepalaku "Aha !!! ini yang selama ini aku cari" (lebay mode:on)

Dan setelah baca kurikulumnya ternyata buanyak banget ilmu yang perlu dipelajari, dan ini juga sejalan dengan zerowaste yang ingin aku terapkan dan belum-belum sudah terbayang buanyak hal yang ingin aku tanyakan. Semoga aku bisa mengikuti kelasnya sampe akhir walaupun dengan mencuri-curi waktu di kala 2 bidadari kecilku tidur.

Semoga dengan mengikuti kelas Gemari Pratama ini kehidupanku jadi lebih rapi, efektif, produktif dan efisien seperti tujuan dari Gemar Rapi. 

Sekian, segitu dulu, semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar