Selasa, 28 Februari 2012

Tentangmu… Skripsiku…



Teringat lagunya Letto - Permintaan Hati. Coba saya ubah lirik di reffnya seperti ini:
“Dengarkanlah permintaan hati
yang teraniaya skripsi…
Dan berikanlah arti pada skripsiku
Yang terhempas….
Yang terlepas…”
Hehe… rintihan mahasiswa tingkat akhir yang galau akan skripsi yang tak kunjung usai.
Mbulet karepe dewe. Malah nggae puisi GJ. Begini puisinya :

Tentangmu… Skripsiku…

Setiap detik aku selalu terbayang tentang dirimu
Mau makan ingat kamu
Mau tidur ingat kamu
Dimana pun selalu ada bayanganmu

Semakin aku ingin menjauh darimu
Semakin engkau menghantuiku
Semakin aku muak melihatmu
Semakin engkau mencekik pikiranku

Di telingaku kau terus terngiang
Di mataku engkau terus terbayang
Kau membuat hidupku tak tenang

Tapi itu memang bukan salahmu
Itu mungkin karna keegoisanku
Yang terlalu takut untuk maju
Dan terlalu banyak keluh kesahku

Kini aku kan lebih giat
Kan kupacu semangat
Terus maju dengan penuh harap
Dengan hati yang mantap

Ku kan kembali padamu
Karna kaulah jalanku
Tuk memeluk mimpi-mimpiku

Gludakz… mbohkah… sekali-kali ruwet kan gapapa. Daripada ruwet ga tersalurkan, berbahaya. Hehehe…
n_nv
Oya, ada tips juga untuk mahasiswa yang sedang galau skripsi seperti saya. Tips berikut sudah diuji coba (pada saya sendiri) hasilnya valid dan reliabel (panganan upu wi).
Tips untuk mahasiswa yang galau skripsi :

1.   Segalau apapun dirimu, jangan terlalu jauh dengan skripsimu, karena kalau sudah terlalu jauh ditinggalkan, pasti berat banget buat mengawalinya lagi. Kata dosen saya yang kerap dipanggil pak JF (Jauharul Fuadi) kalau kamu mengerjakan sesuatu jangan berhenti ketika kamu benar-benar tidak bisa, tapi berhentilah ketika masih ada jalan (eh, kok masih ada jalan sih). Mmm.. ibarat kalau ide itu misalnya 1-100%, berhenti ketika masih ada 15-25%, jangan dihabisin sampe 0%, tar susah lagi ngawalinnya. Ya.. untuk persentase segitu dikira-kira sendirilah, setidaknya masih ada ide untuk dikerjakan.

2.   Kalau sudah sampe titik tersebut (15-25%) sambil berhenti, cari referensi lagi, cari ide lagi sebanyak-banyaknya, ke perpus, ke toko buku, ke share ke temen-temen yang skripsinya hampir sama, share ke temen-temen yang sekiranya lebih tau dari kalian. Jangan tanya ke temen yang sama-sama galaunya, tar jadi galau kuadrat dunk, ato jadi bingung berjamaah. Hmm…tidak baik itu. Atau konsultasi dulu ke dosen pembimbing.

3.   Kalau sudah terlanjur galau dengan kondisi 0%, jangan berlama-lama dengan kegalauan itu. Refreshing boleh, tapi kalau kelamaan justru menyebabkan lebih susah lagi untuk mengawali. Tiap mau mengawali galau, trus refreshing, galau lagi, refreshing lagi, galau lagi, dan seterusnya. Bisa menyebabkan sakit juga kalau terlalu stress (sudah terbukti pada saya, dari flu berat sampe diare). Jadi tetep jaga kondisi juga. Jangan jadikan sakit sebagai alasan untuk ga ngerjain kalau sebenarnya kamu masih bisa ngerjain.

Kembali ke kondisi 0% tadi, paksakan dirimu buat ngerjain, setidaknya baca-baca referensi yang ada hubungannya ma skripsimu (ini semacam penyesuaian diri dulu lah), setelah berhasil menyesuaikan diri dengan seluk beluk skripsi, mulai cari ide lagi. Apapun idemu, entah itu benar ato tidak, coba tulislah lebih dulu, karena ide itu ga datang 2x. kadang ilang gitu aja yang membuat kita nyesel karena kelupaan ide yang tiba-tiba lewat tadi (semacam wangsit kali ya…hohoho…)

4.   Jangan lupakan pembimbingmu. Gunanya pembimbing itu ya buat bimbing kalu kita sedang tersesat, tidak tau arah mo dikemanakan lagi nie skripsi. Jangan takut salah,  tanyakan pada beliau apa yang kurang jelas, masi bingung ato yang kamu tidak ketahui. (Tentunya dengan baca dulu di buku, baru kalu tidak paham tanya) yang penting kamu sudah berusaha dulu. Insyaallah beliau akan membimbingmu ke jalan yang benar. Tink… dapet pencerahan dah.

Tapi untuk kasus tertentu, memang ada dosen yang menyesatkan (dari pengalaman teman saya). Untuk tipe dosen yang menyesatkan, eh… kejam banget ya istilahnya, maksudnya yang penjelasannya kurang tepat mungkin, bisa disanggah dengan cara yang baik dan sopan tentunya. Jangan lupa bawa bukti, dari buku, jurnal ato apa yang menurut kamu itu benar. Baca dulu bukunya, pahami, kalu yang dimaksud buku itu beda ato ga sesuai ma yang dimaksud dosenmu, tunjukkan ke beliau. “…Pak, menurut buku ini seperti ini….bla…bla…saya mengacunya dari sini pak” n_nv  dengan nada yang sopan dan rendah, jangan keliahatan ngeyel atau, semakin dirimu ngotot, semakin pula dosen ngotot untuk mempertahankan pendapatnya. Begitu biasanya. Selamat mencoba…Semoga berhasil…

5.   Yang ini kalu tips yang ke-4 (bagian dosen menyesatkan) tidak berhasil. Hmm… kalau dosen tetap pada pendapatnya juga, ya sudahlah.. mungkin coba konsultasi ke dosen satunya. Kan ada pembimbing I dan II, kalu yg ngotot pembimbing I coba tanyakan ke pembimbing II. Kalau pembimbing II menyetujui kamu, coba pertemukan mereka. Bukan bermaksud mengadu domba, tapi untuk mencari kebenaran. Daripada ikut pembimbing I disemprot pembimbing II, dan sebaliknya, malah bikin puyeng, pertemukan saja, biar sama-sama diskusi, menentukan jalan yang terbaik, dan ketemu titik temunya. Kalau misalnya pembimbing II bilang “ya sudahlah, ikuti pembimbing I” berarti terpaksa deh ngikutin apa maunya dosen, ambil positifnya aja, buku itu kan buatan manusia juga, entah mana yang benar kita ngikut dosen aja dah. Lagian skripsi itu sebenarnya banyak yang tidak objektif, tapi subjektif , apa maunya dosen, itulah yang kita tulis, entah itu bener ato salah. (jahat banget ya…) Namun demikianlah realitanya, kalu ga ikut dosen ga dilulusin ya susah. Nasiiiib…nasiiiib…

Padal ada yang bilang kedudukan mahasiswa itu lebih tinggi dari presiden. Presiden ma mahasiswa aja takut. Apalagi kalau mahasiswa demo. Suaranya menggelegar, kalo koar-koar suaranya bisa menggetarkan istana negara. Tapi,,, ketika di kampus dia bisa ditundukkan oleh seorang berkacamata tebal, kumis tebal, dengan wajah garangnya (mendramatisir, kaya’ di Tipi-tipi), siapa lagi kalo bukan dosen. Hehehe…

Yah… itulah sedikit cerita dan tips tentang skripsi, bersumber dari pengalaman saya dan teman-teman saya yang sedang menyelesaikan skripsi. Semoga bermanfaat…

Buat yang lagi skripsi…
Jangan pernah menyerah… setiap masalah pasti ada jalan keluarnya… pasti kalian bisa…
Keep fighting !!!
(^0^)/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar