Kamis, 17 Maret 2011

Crimping Kabel UTP Tipe Cross

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar komputer dan peralatan jaringan (hub atau switch). clip_image002Kabel ini berisi empat pasang (pair) kabel yang tiap pasangnya dipilin atau saling berlilitan. Isi dari kabel-kabel ini berupa kabel tembaga tunggal yang dilapisi isolator .Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded) sehingga kurang tahan terhadap frekuensi elektromagnetik. Dalam menghubungkan jaringan Ethernet dengan menggunakan kabel UTP Kategori 5, terdapatdua strategi pengabelan, yakni:
(1) Tipe Straight
Penyusunan kabel tipe ini urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan 2 device/alat yang berbeda. Misalnya menghubungkan komputer ke HUB, NIC ke HUB, dan NIC dengan Switch.
(2) Tipe Cross.
Pada tipe ini urutan warna kabel disusun secara bersilangan. Kabel CrossOver digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama, misalnya PC dengan PC, NIC dengan NIC, router dengan router, dan HUB dengan HUB.
Cramping kabel UTP tipe cross
Alat dan bahan yang diperlukan :
1. Kabel UTP kategori 5
2. Konektor RJ-45 (Registered Jack-45)
3. Cramping Tool
clip_image004
4. Cable Stripper
clip_image006
5. LAN Tester
clip_image008
Langkah-langkah :
1. Potonglah kabel sesuai dengan panjang yang diperlukan, yaitu dengan cara membuang (mengupas) bagian pelindung luar kabel, kemudian bersihkan dan rapikan kedua ujung kabel.
2. Potonglah kulit luar dari kabel (jacket) kira-kira 1/2 inchi dari ujung kabel. Gunakanlah Cable Stipper untuk melakukan hal ini. Perhatikan Gambar dibawah ini. Pertama masukan ujung kabel pada bagian C, kemudian pindahkan kabel ke arah bagian A yang berfungsi untuk memotong kulit luar kabel. Setelah kabel pada posisinya, masukan jari kita ke bagian B, dan putarlah stripper sampai kulit kabel terpotong. Dalam melakukan hal ini kita harus berhati-hati, jika mengenai isi kabel didalam, maka akan terputus.
clip_image009
clip_image011
3. Potongan 2 ujung
clip_image013
4. Susunlah warna urutan kabel sesuai dengan gambar di bawah ini.
clip_image015
clip_image017
5. Rapikan kabel dengan menggunakan crimping tool pada bagian yang berbentuk seperti 2 mata pisau.
clip_image019
6. Setelah kabel rata, masukkan bagian kabel ke RJ-45 sesuai warna di atas.
clip_image021
7. Setelah kabel dimasukkan ke konektor, lalu crampinglah (jepitlah) konektor dengan crimping tool hingga terminal-terminal menjepit kabel dengan kuat.
clip_image023
8. Pasang kedua ujung kabel dengan konektor, lalu lakukan pengujian dengan menggunakan kabel tester.
9. Apabila indicator warna lampu yang menyala yang ditunjukkan oleh LAN tester sama dengan gambar model penyusunan kabel Cross maka cramping berhasil dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar