Senin, 20 Desember 2010

Media Pembelajaran Audio Visual


Pengertian media masih sering dikacaukan dengan peralatan. Sebenarnya, media atau bahan adalah perangkat lunak (software) yang berisi pesan atau informasi pendidikan yang umumnya disajikan dengan menggunakan media peralatan Media merupakan komponen instruksional, yang meliputi:
-       Pesan
-       Orang, dan
-       Peralatan 

Media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam 4 kelompok, yaitu:
1.    Media cetak
2.    Media audio visual
3.    Media hasil teknologi berdasarkan komputer
4.    Media gabungan teknologi cetak dan komputer

Teknologi Audio Visual
            Pengajaran melalui audio visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran, serta tidak tergantung pada pemahaman kata atau simbol. Video merupakan salah satu komponen media pembelajaran berbasis audio visual.
Saran bagi yang menggunakan video sebagai media pembelajaran:
1.    Untuk mendapatkan hasil video yang jelas dan bagus,pengambilan lokasi video harus diperhatikan. Saran untuk masalah tempat:
  • Sebaiknya video diambil di tempat yang terang dan di siang hari, karena dari segi pencahayaan lebih terlihat jelas. 
  • Jangan mengambil video di tempat yg ramai, bising, atau hujan karena akan mempengaruhi sound.
   
 
  1. Untuk langkah-langkah yang agak rumit (perlu pemahaman yang lebih), jangan terlalu cepat    jedanya. 
  2. 1.   


    mikir.gif

    Untuk pengambilan video mengenai suatu proses menggunakan suatu alat, harus diperlihatkan device/alat-alat yang diperlukan dengan jelas.
    2.    Bila menggunakan suara asli dengan diiringi backsound sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga suara backsound tidak berbenturan dengan suara asli.
    3.    Hal-hal yang penting harus diberi fokus / caption agar siswa dapat terfokus pada bagian tersebut.
    4.    Bila menggunakan software camtasia untuk membuat video tutorial, sebaiknya jangan langsung diberi sound, namun diberi dubbing ketika pengambilan video melalui software camtasia selesai. Tentunya harus disesuaikan antara gambar yang dilihat dengan soundnya.
    5.    Bila tutorial menggunakan bahasa Indonesia jangan diberi teks bahasa indonesia seperti apa yg diucapkan, namun beri teks yang intinya saja. Karena, pemberian teks yang terlalu banyak, membuat siswa tidak bisa terfokus pada materi yang disampaikan, tetapi justru tergerak untuk membaca teks yang tertulis pada layar. Hal ini malah akan mengganggu konsentrasi siswa dalam menyimak materi tersebut, Misalnya presenter bilang : "selanjutnya, kita perlu merapikan ujung kabel sehingga hasilnya seperti ini". Pada teks, cukup tuliskan “rapikan ujung kabel”.

    Sumber :
    Slide Pengenalan Beberapa Media.ppt oleh Bpk Wahyu S. G. Irianto
    Kritik dan saran dari presentasi media pembelajaran S-1 PTI 2008 Off A.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar